Beberapa Penyebab Penyakit Sariawan pada Bayi

Sariawan pada Bayi
Sariawan pada Bayi

Sariawan pada Bayi – Sariawan adalah penyakit yang timbul di dalam mulut dan sering disebabkan karena adanya jamur Candida albicans. Biasanya bagian yang terkena sariawan adalah lidah, gusi, bibir, bagian dalam pipi, atau bagian langit-langit mulut.

Namun, sariawan bukan hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja lho. Anak-anak bahkan bayi bisa mengalaminya. Timbulnya sariawan akan membuat bayi menjadi rewel dan susah makan.

Jika si kecil mengalami kondisi ini, jangan panik bunda. Yuk, ketahui dulu penyebab, cara mencegah dan mengobati sariawan pada bayi selengkapnya berikut ini!

Penyebab Sariawan pada Bayi

  1. Alergi Makanan

Untuk bayi yang sudah mulai makan MPASI, mungkin saja mengalami alergi makanan. Seperti ketika meminum makanan atau minuman yang terlalu panas, sehingga menimbulkan luka pada mulut bayi dan memicu sariawan

  1. Kekurangan Vitamin

Timbulnya sariawan pada bayi juga kemungkinan disebabkan karena kurangnya zinc, vitamin B12, dan asam folat.

  1. Infeksi Virus dan Bakteri
    Biasanya bayi terinfeksi virus karena tertular dari ibunya, misal pada puting payudara ibu terkena jamur, sehingga dapat dengan mudah tertular pada mulut bayi dan menyebabkan sariawan.

Sariawan juga bisa disebabkan akibat bakteri yang berkembang pada botol susu bayi.

  1. Luka di Mulut

Hal ini bisa saja terjadi saat si kecil tidak sengaja menggigit lidah atau mulutnya, sehingga gigitan ini berubah menjadi sariawan.

Cara Mencegah Sariawan pada Bayi

  1. Bersihkan Mulut

Walaupun bayi belum banyak makan banyak jenis makanan atau hanya minum ASI, namun kebersihan mulutnya harus tetap terjaga agar tetap terhindar dari sariawan.

Cara membersihkan mulut bayi adalah dengan menggunakan kain kasa. Caranya, rendam air kasa ke air hangat, kemudian masukan ke mulut bayi.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Terlalu Panas

Untuk bayi yang sudah mulai makan, hindari memberikan makanan dan minuman yang terlalu panas. Makanan atau minuman yang terlalu panas akan membuat mulut atau lidah menjadi melepuh, hal ini lah yang dapat memicu sariawan.

Jadi, diamkan dulu makanan atau kipas-kipas sampai tidak terlalu panas sebelum dikonsumsi si kecil.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk bayi yang sudah makan atau makan dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI), perbanyak tambahan lauknya dengan buah dan sayur.

Timbulnya sariawan disebabkan karena kurangnya mineral dan vitamin dalam tubuh. Beri anak makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, dan zat besi yang tinggi agar kesehatan tetap terjaga dan tidak timbul sariawan.

mahjong ways 2