Buah Penurun Kolesterol Terbaik, Hindari Penyakit Berbahaya!

Buah Penurun Kolesterol Terbaik, Hindari Penyakit Berbahaya!
Buah Penurun Kolesterol Terbaik, Hindari Penyakit Berbahaya!

Terdapat dua macam kolesterol dalam tubuh, high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL). HDL sering disebut sebagai kolesterol “baik” yang berperan mengangkut kolesterol LDL (yang merupakan kolesterol “jahat”) dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan.

Namun, saat kolesterol berlebih, maka dapat mengendap pada dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Lama-kelamaan endapan lemak ini akan mengeras di dinding pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal inilah yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke.

Oleh sebab itu, kadar kolesterol dalam darah harus terus dikontrol. Jika terlalu tinggi, bisa memunculkan penyakit berbahaya lain. Menjaga pola makan sehat bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol. Membatasi asupan lemak jenuh sangat penting bagi penderita kolesterol tinggi.

Kamu bisa mulai konsumsi buah-buahan untuk memulai pola makan sehat. Buah-buahan memiliki senyawa kimia yang dapat membatasi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Selain itu, buah-buahan juga bisa menaikkan kadar kolesterol baik LDL. Berikut ini buah-buahan penurun kolesterol jahat yang bisa kamu konsumsi!

Buah Penurun Kolesterol

  1. Apel

Mengonsumsi apel secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat ini berkat senyawa polifenol sebagai antioksidan yang terdapat pada kulit apel.

Apel juga mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, lalu dikeluarkan dari tubuh lewat urin dan feses.

Selain makan langsung buah apel, kamu juga bisa konsumsi cuka apel yang ampuh dalam meningkatkan HDL. Bagi penderita diabetes tipe 2, cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Alpukat

Mungkin beberapa dari kamu menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun jangan khawatir, Kamu, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru baik bagi kesehatan.

Setelah makan alpukat, biasanya kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

  1. Beri-berian

Kelompok buah berry seperti strawberry, blueberry dan cranberry dikenal sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Tingginya antioksidan pada buah berry ini mampu melawan lemak jahat.

Selain itu, pterostilbene yang ditemukan pada kelompok beri-berian dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang jika dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

mahjong ways 2