Cara Mengatasi Sesak Napas pada Malam Hari

Cara Mengatasi Sesak Napas pada Malam Hari
Cara Mengatasi Sesak Napas pada Malam Hari

Sesak napas pada malam hari sering kali terasa mengganggu. Tidak hanya mengganggu waktu dan kualitas tidur, tapi juga berdampak pada produktivitas pada pagi hari. Bagaimana cara mengatasi sesak napas pada malam hari?

Sesak napas bisa menandakan gangguan jantung, paru-paru, atau berbagai macam gangguan kesehatan lainnya. Namun, untuk memastikan penyebab sesak napas pada malam hari, pemeriksaan dokter perlu dilakukan.

Mengenal Sesak Napas pada Malam Hari
Bila sesak napas terjadi beberapa jam setelah tidur, kondisi ini dikenal dengan paroxysmal nocturnal dyspnea atau PND, yaitu gangguan pernapasan yang menyebabkan sesak napas mendadak saat tidur. Akibatnya, Anda bisa tiba-tiba terbangun dengan napas terengah-engah.

Lalu, apakah sesak napas pada malam hari ini sama dengan kondisi apnea tidur atau sleep apnea? Jawabannya tidak.

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat tidur karena otak tidak mengirimkan sinyal yang diperlukan untuk bernapas dengan benar.

Hal ini ditandai dengan mengorok dan tetap merasa mengantuk meski setelah tidur lama. Sedangkan, sesak napas saat tidur bisa saja disebabkan oleh sleep apnea, tetapi tidak sebaliknya.

Penyebab Sesak Napas pada Malam Hari dan Cara Menanganinya

Penanganan terhadap sesak napas pada malam hari tergantung pada apa penyebabnya. Pada dasarnya tujuan dari pengobatan lebih fokus untuk pengelolaan stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Untuk meredakan sesak napas yang ringan pada malam hari, Anda bisa tidur menggunakan dua bantal atau posisi kepala lebih tinggi sebagai solusi sementara.

Jika kondisi ini disebabkan oleh gagal jantung, sejumlah perawatan medis, seperti terapi diuretik maupun obat jantung akan diberikan, bahkan pembedahan bisa dilakukan.

Jika keluhan disebabkan oleh gangguan sistem pernapasan, sejumlah pengobatan bisa meringankan sesak napas pada malam hari. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat asma jangka panjang, bila memang penyebabnya adalah asma.

Jika sesak napas pada malam hari yang disebabkan oleh asam lambung bisa ditangani dengan perubahan gaya hidup dan pola makan, atau mengonsumsi obat antasida.

Mencegah Sesak Napas pada Malam Hari
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sesak napas pada malam hari merupakan suatu gejala dari berbagai gangguan kesehatan, mulai dari penyakit asam lambung, sampai kondisi yang lebih serius, seperti gangguan pernapasan atau gagal jantung.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter terkait dengan sesak napas pada malam hari yang Anda alami. Pasalnya, hal ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan yang serius, terutama jika disertai dengan beberapa gejala, seperti bibir dan jari membiru, bengkak pada area kaki, flu, atau bunyi mengi ketika bernapas.