Beranda Health Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi

Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi

79
0
Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi
Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi

Siklus Menstruasi – Semua wanita wajib melalui fase menstruasi. Menstruasi juga menandakan bahwa seorang wanita telah mencapai masa remaja dimana dirinya akan segera matang untuk bereproduksi. Siklus menstruasi akan terus berulang hingga seorang wanita mencapai momen rahim tidak lagi memproduksi sel telur.

Bagi Anda yang masih kebingungan terkait jadwal siklus menstruasi, berikut ini cara mengetahui siklus menstruasi serta cara memperlancar siklus menstruasi yang tidak teratur.

Cara mengetahui siklus menstruasi

Menghitung siklus menstruasi dari hari pertama mengalami pendarahan

Siklus menstruasi terhitung dari hari pertama mengalami pendarahan reguler. Hari di saat Anda hanya mengeluarkan bercak darah tidak terhitung. Siklus menstruasi bisa mengalami perubahan.

READ  Penyebab Cacar Air dan Cara Penularannya

Memanfaatkan kalender penghitung siklus menstruasi otomatis

Saat ini ada berbagai website yang menyediakan fitur penghitung siklus menstruasi. Cukup memasukan hari pertama saat siklus menstruasi terakhir, lamanya periode menstruasi, dan waktu siklus. Fitur tersebut akan secara otomatis memprediksi kapan Anda akan mengalami menstruasi di bulan mendatang.

Cara memperlancar sirkulasi menstruasi

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab siklus menstruasi tidak lancar adalah kelebihan berat badan. Lemak memiliki sel yang disebut adipocytes, memproduksi estrogen sehingga wanita obesitas memiliki kadar estrogen terlalu tinggi yang mencegah ovulasi. Cara memperlancar sirkulasi menstruasi adalah menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan berat badan
READ  Tes Fungsi Hati, Ini yang Harus Anda Ketahui

Berlawanan dengan wanita obesitas, wanita yang kekurangan berat badan tidak mencukup jumlah esterogen dalam tubuh guna berovulasi. Jika tubuh terlalu kurus dan kekurangan kadar lemak akibat memiliki kebiasaan olahraga yang ekstrim, wanita cenderung mengalami keterlambatan siklus menstruasi.

  1. Stres

Beban pikiran dapat menyebabkan tubuh menghentikan siklus menstruasi. Otak menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin ketika seseorang stres, mencegah hormon reproduksi untuk dilepaskan pada waktu yang tepat sesuai dengan siklus menstruasi. Mengurangi beban pikiran adalah cara memperlancar sirkulasi menstruasi terbaik.

  1. Mengonsumsi makanan rendah glukosa
READ  Pilihan Tujuan Wisata Kota Tokyo Terbaik untuk Para Traveler

Kadar glukosa tinggi dalam darah menjadi penyebab siklus menstruasi tidak lancar. Guna memperlancar siklus menstruasi, konsumsi makanan bergizi terkhusunya makanan rendah glukosa dan penetralisir kadar gula darah seperti buah-buahan dan sayur hijau.

  1. Memenuhi kebutuhan gizi harian

Pola konsumsi tidak sehat adalah penyebab menstruasi terhambat. Memperlancar siklus menstruasi dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan gizi harian dengan mengonsumsi makanan sehat seperti menu empat sehat lima sempurna.