Cara Mengobati Gusi Bengkak: Alami dan Ampuh Redakan Nyeri

Cara Mengobati Gusi Bengkak: Alami dan Ampuh Redakan Nyeri
Cara Mengobati Gusi Bengkak: Alami dan Ampuh Redakan Nyeri

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga sangat penting agar terhindar dari masalah kesehatan seperti nyeri pada gusi. Gusi bengkak merupakan hal yang sering terjadi pada banyak orang.

Penyebabnya beragam mulai dari kebiasaan sederhana seperti menyikat terlalu keras, sariawan, penumpukan karang gigi, pemakaian kawat gigi, hingga pemakaian gigi palsu. Pembengkakan pada gusi tentu terasa tidak nyaman dan sering kali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, kami sudah merangkum cara mengobati gusi bengkak secara alami dan ampuh serta mudah dilakukan di rumah. Untuk mengetahui secara lebih rinci, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya kita tahu apa itu gusi bengkak.

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan mulut dimana gusi membesar secara abnormal dan terasa menonjol. Kondisi tersebut sering disebut radang gusi atau gingivitis. Pembengkakan pada gusi termasuk kondisi umum yang sering terjadi pada sebagian orang.

Penyebab gusi bengkak biasanya terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah bakteri yang berkembang pada karang gigi dan mengikis bagian gusi. Selain itu, disebabkan karena terlalu kasar saat menyikat gigi.

Jika dihadapkan pada kondisi ini, segeralah mengobatinya. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau bila kondisinya tidak kunjung membaik sebaiknya segera mengunjungi dokter gigi agar mendapat penanganan terbaik.

Rasanya nyeri pada gusi bengkak sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Agar kondisi gusimu tidak semakin memburuk, ada baiknya kamu segera melakukan penolongan pertama dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam adalah salah satu cara ampuh mengobati gusi bengkak karena dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan mengurangi bakteri di gusi yang bisa menyebabkan pembengkakan.

Kamu cukup hangatkan 1 gelas air di atas kompor dan tuangkan ke dalam ke dalam. Tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas dan aduk rata.

Gunakan air garam tersebut sebagai air kumuran, lalu keluarkan ke wastafel setelahnya. Lakukan setidaknya dua kali sehari sampai pembengkakan pada gusi mereda.

  1. Kompres Es Batu atau Air Hangat

Selanjutnya, cobalah kompres menggunakan es atau air hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Kompres dengan es bisa dilakukan dengan cara bungkus es dengan kain bersih dan aplikasikan pada bagian yang nyeri dengan menekannya lembut.

Untuk kompres dengan air hangat, panaskan air sampai hangat dan tidak perlu sampai sampai mendidih. Rendam kain bersih pada air hangat, lalu peras. Kemudian lakukan hal yang sama dengan menekan lembut kain hangat ke wajah dan area yang nyeri gusi.

Cara ini bisa kamu lakukan sampai rasa sakit dan pembengkakan mereda.

  1. Manfaatkan Kandungan Curcumin Kunyit

Kandungan curcumin pada kunyit memiliki sifat antioksidan antiinflamasi. Selain itu, iya juga memiliki sifat antimikroba dan anti jamur, sehingga kunyit bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan menyembuhkan pendarahan, serta memerahnya pada gusi.

Untuk perawatan ini, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, ½ sendok teh garam, dan ½ sendok teh air. Aduk hingga rata sampai berbentuk seperti pasta.

Lalu, oleskan pada gusi bengkak, dan diamkan selama 10 menit. Bilas menggunakan air bersih dengan cara berkumur.

  1. Cengkeh sebagai Pereda Nyeri

Sejak dulu, rempah-rempah dan bahan herbal selalu menjadi solusi alternatif sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati radang gusi dan nyeri. Cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang digunakan sebagai analgesik atau pereda nyeri.

Caranya tidak jauh berbeda dengan kunyit. Buat pasta cengkeh dengan mencapurkan bubuk cengkeh dengan air hangat, lalu oleskan langsung pada gusi sampai nyeri mereda, dan bilang mulut dengan menggunakan air.

  1. Spray Minyak Esensial

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan membuat spray minyak esensial sendiri di rumah. Caranya juga cukup mudah, lho!

Isi botol semprot dengan ukuran bebas, tambahkan sekitar 5 tetes minyak esensial. Kocok dan semprotkan secukupnya pada bagian nyeri gusi. Pastikan kamu berkumur dengan air setelah menggunakannya.

Minyak seperti peppermint, oregano, dan cengkeh memiliki khasiat alami sebagai pereda nyeri dan mengurangi peradangan.

mahjong ways 2