Hal Yang Dialami Tubuhmu Saat Berolah Raga

Hal Yang Dialami Tubuhmu Saat Berolah Raga
Hal Yang Dialami Tubuhmu Saat Berolah Raga

Kamu suka berolahraga seperti berlari, main basket, sepak bola, bulu tangkis, boxing, lompat tali, atau fitness dan yoga, dan jenis olah raga yang dapat membakar kalori lainnya? Olahraga merupakan suatu kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu semakin sehat dan menjaga berat badan tetap ideal.

Kamu harus rela mengorbankan waktumu paling enggak sekitar 10-15 setiap harinya untuk berolahraga, dan untuk melancarkan peredaran darah, dan membakar lemak berlebih di tubuhmu, baik itu di pagi hari atau di malam hari. Nah, ternyata ada beberapa hal yang terjadi di tubuhmu saat kamu berolahraga, lho. Yuk, cek apa aja manfaat olahraga yang didapat tubuhmu saat berolahraga :

Manfaat Olahraga yang dialami tubuh:

  • Ketika olahraga, tubuh mengubah karbohidrat dan lemak dari makanan menjadi adenosine triphosphate (ATP). Tubuh lalu mengubahnya lagi menjadi adenosine diphosphate (ADP), yang memberikan energi untuk bergerak. Umumnya, proses ini disebut sebagai proses pembakaran kalori.
  • Tubuh mengeluarkan keringat selama berolahraga. Ini adalah salah satu mekanisme untuk mendinginkan diri, karena pada saat proses pembakaran kalori suhu tubuh meningkat. Keluarnya keringat juga harus diimbangi dengan hidrasi yang cukup.
  • Untuk bisa berfungsi, otot butuh oksigen. Jantung akan memompa darah lebih cepat saat olahraga untuk mendistribusikan oksigen. Seseorang yang terlatih akan lebih sedikit mengalami peningkatan denyut jantung, yang artinya metabolisme oksigennya makin efisien.
  • Sesaat ketika memulai olahraga, terjadi peningkatan hormon adrenalin dan kortisol. Nama yang terakhir disebut dikenal sebagai hormon stres. Namun sesaat kemudian, komposisi hormon berubah. Endorfin atau hormon rasa senang meningkat, disertai pembentukan endocannabinoid. Keduanya bisa membuat mood kamu jadi lebih baik.
  • Peredaran darah yang menjadi lebih lancar berdampak juga pada fungsi otak, lho. Berbagai penelitian membuktikan, olahraga membuat fungsi memori dan berpikir di otak meningkat secara signifikan.

Setelah mengetahui berbagai manfaat olahraga, kini Kamu menyadari bukan betapa penting untuk berolahraga setiap hari? Tubuhmu akan semakin sehat dan segar, karena peredaran darah yang lancar dan lemak dan kalori yang terbakar sehingga kamu juga bisa mendapatkan bentuk tubuh impianmu. Tubuhmu juga akan rentan terhadap penyakit karena dengan berolahraga membuat sistem imun semakin kuat.

mahjong ways 2