Beranda Health Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

55
0
Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Macam Jenis Madu – Madu merupakan salah satu makanan tertua yang pernah ditemukan di dunia, lho. Lebih dari 300 jenis madu ada di seluruh dunia dari sumber bunga dan lokasi yang berbeda. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis madu asli yang hanya ada di Tanah Air, lho.

Jika kamu adalah pencinta madu, tetapi baru mencoba satu atau dua jenis madu saja, kamu wajib coba jenis madu khas Indonesia lainnya yang tidak kalah dari jenis madu dari luar negeri. Kenali ragam jenis madu asli Indonesia di bawah ini!

READ  Skuat Manchester United Dapat Tambahan Amunisi Mulai Pekan Depan

Macam / Jenis Madu Asli Khas Indonesia

  1. Madu Kopi

Seperti namanya, madu kopi adalah madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga kopi dari lebah madu yang diternakkan di perkebunan kopi. Madu kopi memiliki aroma yang khas, yaitu manis dan sekilas juga tercium aroma kopinya.

Madu bunga kopi kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

  1. Madu Pahit Bangka

Madu pelawan atau yang lebih dikenal dengan sebutan madu pahit Bangka adalah madu yang bersunber dari lebah liar Apos dosata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Yang membuat madu ini unik adalah pohon pelawan ini merupakan pohon langka yang hanya ada di Pulau Bangka, Sumatera.

  1. Madu Kaliandra
READ  Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Banget untuk Diet

Madu kaliandra yang berasal dari nektar bunga kaliandra adalah salah satu jenis madu Indonesia yang paling populer. Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan untuk tekanan darah tinggi, maupun rendah.

  1. Madu Hutan Sumatera

Selain madu kaliandra, madu hutan Sumatera adalah salah satu jenis madu yang paling populer di Indonesia. Madu ini biasanya adalah madu yang paling umum dijual di supermarket dan tempat lainnya. Madu ini juga sangat populer dibeli masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.

  1. Madu Tawon Gung
READ  Fungsi Tulang Atas dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Madu tawon gung termasuk salah satu madu termahal karena madunya yang jarang dan sulit ditemukan. Tidak banyak orang yang sudah menternakkan tawon untuk madunya di gunung, jadi harganya yang mahal ialah karena madu yang langka dan sulit didapat.

Tawon liar tersebut menghasilkan madu berwarna kehitaman. Madu ini sering digunakan untuk memasak, tambahan pada minuman, bahkan sebagai bahan dasar kosmetik.