Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut!

Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut!
Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut!

Sudah konsumsi makanan sehat, tapi berat badan tak kunjung turun? Mengombinasikan pola makan yang sehat dengan olahraga bisa menjadi solusi kamu.

Banyak jenis olahraga yang bisa kamu pilih, salah satunya yang paling ampuh untuk membakar lemak adalah olahraga kardio. Selain efektif, aktivitas fisik ini mudah dilakukan di rumah maupun di gym dengan macam-macam variasi agar tidak membuat kamu cepat bosan.

Apa itu Olahraga Kardio?

Olahraga kardio adalah olahraga yang menaikkan detak jantung dan pernapasan. Jenis olahraga ini dikenal juga sebagai olahraga aerobik karena memerlukan banyak oksigen dan otot besar untuk melakukan aktivitas fisik tersebut.

Umumnya orang mengira aktivitas seperti lari, bersepeda, dan hiking merupakan contoh jenis olahraga kardio. Namun, ada banyak pilihan lainnya yang efektif lho.

Apa Manfaat Olahraga Kardio?

Salah satu manfaat utama kardio adalah meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kamu lebih banyak membakar kalori atau lemak. Alhasil, olahraga kardio bisa mengecilkan perut, paha, atau menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Tentunya, untuk hasil yang maksimal, kamu harus menjaga pola hidup yang sehat seperti tidur cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

Olahraga kardio juga berfungsi memperkuat jantung dan paru-paru sehingga mencegah penyakit yang berkaitan di hari tua nanti.

Manfaat lainnya juga bisa kamu rasakan dengan rutin berolahraga seperti menurunkan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kestabilan gula darah dan kolesterol.

Olahraga Kardio dengan Alat Olahraga

  1. Treadmill

Treadmill merupakan salah satu alat olahraga tradisional yang paling sering digunakan. Mesin ini ampuh untuk menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, dan meningkatkan kapasitas kardiovaskular. Kamu bisa menggunakan treadmill untuk olahraga lari maupun jalan cepat.

Cara paling efektif menggunakan treadmill sebagai pembakar kalori adalah dengan memasang tingkat kemiringan (incline) ke 2-3%.

Setelan ini bisa mengurangi tekanan pada lutut dan mengaktifkan otot tubuh sehingga memaksimalkan pembakaran lemak. Untuk kecepatannya, kamu bisa atur sesuai intensitas yang diinginkan.

Kamu juga bisa menggunakan alat olahraga treadmill sebagai HIIT dengan mengatur incline dan speed sesuai dengan level fitness kamu. Contohnya, lari secepatnya selama 30 detik, lalu jalan santai selama 1 menit. Ulangi proses ini 10 kali.

  1. Sepeda Statis

Sepeda statis berbeda dengan sepeda biasanya loh! Kamu bisa mengatur intensitas alat olahraga kardio ini sehingga jauh lebih susah untuk digunakan dibandingkan sepeda biasa.

Selain itu, kamu tidak perlu berhenti karena mobil lalu lalang dan tubuhmu bisa membakar lemak secara efektif. Siapa sangka satu jam di sepeda statis bisa membakar hingga 675 kalori?

  1. Rowing

Kalau ingin menurunkan berat badan dengan cepat, mesin rowing bisa membantumu! Penggunaan alat olahraga kardio ini dengan benar bisa mengaktifkan ototmu dari atas hingga bawah.

Rowing sanggup membakar kalori lebih banyak dibandingkan alat olahraga aerobik lainnya, sekitar 840 kalori per jam! Tentunya, alat ini tidak begitu mudah digunakan karena perlunya koordinasi antara kaki dan tangan.

Namun, setelah menguasainya, rutin menggunakan mesin rowing bisa memberikanmu bentuk tubuh yang ideal.

mahjong ways 2