Khasiat Buah Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan

Khasiat Buah Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan
Khasiat Buah Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan

Buah jamblang atau duwet ini merupakan buah yang hanya muncul musiman atau pada musim tertentu. Meskipun menyerupai anggur, namun tentu saja buah ini berbeda dari rasa dan khasiatnya.

Dengan rasanya yang manis dan khas ini, buah jamblang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Sama seperti buah-buahan pada umumnya yang mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, buah dengan warna kulit keunguan mirip anggur ini juga dapat dimanfaatkan untuk selai roti, dan biasanya digunakan untuk memasak makanan khas Cirebon yang bernama nasi jamblang.

Nah, tentu saja bukan buah nya yang digunakan, melainkan daun buah jamblang. Daun ini digunakan untuk membungkus nasi.

Penasaran kan, apa saja manfaat dan khasiat buah jamblang? Simak di bawah ini, yuk!

Manfaat Buah Jamblang

  1. Atasi Diabetes

Manfaat buah jamblang yang paling utama adalah mengobati diabetes. Secara tradisional, buah ini sudah memiliki sejarah untuk pengobatan diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan glikemik rendah pada buah jamblang.

Selain itu, jamblang juga dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Dengan demikian, itulah mengapa buah jamblang digunakan untuk menyembuhkan diabetes.

  1. Redakan Asma

Asma merupakan virus atau bakteri yang ada di dalam tubuh kamu. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan nyeri dada dan batuk-batuk.

Penyakit ini dapat dimiliki sejak kamu kecil atau ketika kamu beranjak dewasa, dan mengobati asma bukanlah hal yang mudah dilakukan. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah jamblang.

Dengan rajin mengonsumsinya, kamu akan perlahan menyembuhkan asma kamu yang kronis.

  1. Tingkatkan Sistem Imun

Daya tahan pada tubuh atau imunitas akan membantu kamu dalam menjaga tubuh hingga terjauh dari bakteri dan virus yang dapat menyerang kesehatan kamu.

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Kamu juga dapat menambah buah jamblang sebagai asupan sehari-hari kamu.

Dengan khasiat buah jamblang ini, maka tubuh kamu akan terjaga sepanjang hari.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Pada dasarnya, kesehatan tulang dan gigi dapat dibantu oleh kalsium yang bertujuan untuk menguatkan kokohnya tulang dengan menyehatkannya. Gigi yang tidak banyak dirawat dapat menghasilkan gigi yang mudah bolong dan tidak kuat.

Maka dari itu, dibutuhkan asupan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam tubuh kamu agar dapat terus menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Baik untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah kamu rendah di dalam tubuh. Anemia juga dapat terjadi ketika sel darah merah kita tidak mengandung banyak hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang dapat memproduksi warna merah pada darah. Daripada mengonsumsi obat penambah darah yang kandungannya sudah banyak terdapat bahan kimiawi, lebih baik rutin konsumsi buah jamblang.

mahjong ways 2