Kolesterol Tinggi: Ini Gejala yang Serius untuk Diperhatikan

Kolesterol Tinggi: Ini Gejala yang Serius untuk Diperhatikan
Kolesterol Tinggi: Ini Gejala yang Serius untuk Diperhatikan

Sebelum kamu mengenal gejala kolesterol tinggi, sebaiknya kamu pahami dulu jenis kolesterol dan fungsinya. Pada umumnya, ketika orang mendengar kata kolesterol, pasti yang terlintas adalah penyakit.

Padahal, ada kolesterol yang baik bagi kesehatan. Kolesterol tidak dapat larut dalam darah. Sebab itu, ada zat bernama lipoprotein yang dihasilkan hati yang berfungsi untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh.

Sementara itu, ada dua jenis lipoprotein yang utama yaitu:

Low-density Lipoprotein (LDL)

LDL punya fungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. LDL ini yang dikenal dengan kolesterol “jahat”, apabila terlalu banyak bisa menempel pada dinding arteri lalu menumpuk menjadi plak.

High-density Lipoprotein (HDL)

HDL berperan dalam mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, lalu dikeluarkan dari tubuh. Nah, HDL inilah si kolesterol “baik.”

Ketika kamu melakukan pemeriksaan darah, maka kamu akan mengetahui nilai kolesterol LDL, HDL, trigliserida dan kolesterol total dalam darah.

Jika kamu memiliki nilai kolesterol total dan LDL yang tinggi dan HDL rendah, berarti kamu masuk dalam kelompok orang dengan kolesterol tinggi. Berikut gejala-gejala yang bisa kamu amati yang menandakan kamu punya kolesterol jahat berlebih:

  1. Nyeri Dada

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang paling mudah dikenali adalah nyeri pada dada atau disebut dengan angina. Nyeri pada dada ini berawal dari plak yang menumpuk di pembuluh darah arteri.

Penumpukan ini menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar, sehingga jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dalam darah sesuai kebutuhannya. Keadaan fatalnya, jika penyumbatan terjadi secara total maka akan terjadi serangan jantung.

Angina mengacu pada rasa berat, sesak dan tertekan pada dada. Sensasi sakitnya pun beragam, bisa terasa seperti terbakar atau mati rasa pada dada.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Gejala berikutnya yang sering dikaitkan dengan tanda-tanda kolesterol tinggi adalah tekanan darah tinggi.

Ketika pembuluh darah dipersempit dengan plak kolesterol dan mengeras karena kalsium, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kerja keras inilah yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Karena tekanan darah tinggi memang tidak bisa dirasakan langsung seperti nyeri pada dada, satu-satunya cara mendeteksinya adalah melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

  1. Halitosis (Bau Mulut)

Tanda-tanda kadar kolesterol tinggi selanjutnya adalah halitosis atau bau mulut. Walaupun tidak banyak yang mengira bau mulut merupakan indikasi kolesterol tinggi, namun halitosis merupakan gejala yang paling umum terjadi.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa berdampak serius bagi pencernaan. Gangguan ini menyebabkan kekeringan dan bau tak sedap di mulut.

mahjong ways 2