Lucid Dream: Mimpi yang Ternyata Bermanfaat dan Bisa Dilatih

Lucid Dream: Mimpi yang Ternyata Bermanfaat dan Bisa Dilatih
Lucid Dream: Mimpi yang Ternyata Bermanfaat dan Bisa Dilatih

Apakah kamu pernah merasa ingin dapat mengendalikan mimpi kamu? Ternyata, hal tersebut bisa lho kamu lakukan.

Lucid dream atau mimpi sadar adalah sebuah mimpi di mana seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Mimpi tersebut rasanya sangat nyata. Sehingga kamu dapat mengontrol tindakan yang kamu lakukan di mimpi itu.

Istilah lucid dream sendiri pertama kali dicetuskan oleh penulis berkebangsaan Belanda, Frederik (Willem) van Eeden pada 1913 di dalam artikelnya yang berjudul “A Study of Dreams.”

Mungkin beberapa dari kamu belum paham dan penasaran tentang segala hal mengenai lucid dream dari mulai penjelasannya, penyebab, hingga manfaatnya. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini!

Lucid dream adalah jenis mimpi di mana si pemimpi menjadi sadar bahwa mereka sedang bermimpi. Selama mimpi dengan sadar, kamu mungkin mendapatkan sejumlah kendali atas karakter, narasi, dan lingkungan mimpi.

Studi menunjukkan bahwa sekitar setengah dari orang mungkin pernah mengalami setidaknya satu mimpi sadar. Tapi itu mungkin tidak sering terjadi, biasanya hanya beberapa kali dalam setahun.

Lucid dream paling sering terjadi selama rapid eye movement (REM), periode tidur sangat nyenyak yang ditandai dengan gerakan mata, pernapasan lebih cepat, dan lebih banyak aktivitas otak.

Seseorang biasanya memasuki periode REM sekitar 90 menit setelah tertidur. Hal ini berlangsung sekitar 10 menit.

Perkembangan lebih lanjut dalam penelitian psikologis telah menunjukkan cara-cara di mana bentuk mimpi ini dapat digunakan sebagai bentuk terapi tidur.

Penyebab Lucid Dream

Ahli saraf tidak tahu persis bagaimana dan mengapa lucid dream terjadi. Tapi mereka punya beberapa penelitian yang melatarbelakangi terjadinya kondisi mimpi seperti ini.

Untuk satu hal, penelitian telah menemukan perbedaan fisik pada otak seseorang yang mengalami dan tidak memiliki lucid dream. Bagian paling depan otak, yang disebut korteks prefrontal (bagian otak tempat membuat keputusan dan mengingat ingatan) lebih besar pada orang yang mendapatkan lucid dream.

Terdapat juga satu penelitian kecil di Jerman yang melacak aktivitas listrik otak pada sukarelawan saat mereka tidur.

Berdasarkan pengukuran ini, para peneliti mengatakan, lucid dream mungkin semacam “antara keadaan” di mana kamu belum sepenuhnya bangun tetapi juga belum tidur seutuhnya.

Manfaat Lucid Dream

Ada beberapa bukti bahwa lucid dream memiliki manfaat dan memberikan efek terapeutik. Lucid dream mungkin membantu orang dalam beberapa hal berikut ini:

  1. Mengatasi Mimpi Buruk

Mengalami mimpi buruk sesekali adalah hal yang wajar. Sekitar 50 hingga 85 persen orang dewasa sesekali mengalami mimpi buruk.

Lucid dream mungkin membantu dengan membiarkan si pemimpi mengendalikan mimpinya.

Selain itu, ketika seorang pemimpi tahu bahwa mereka sedang bermimpi, mereka dapat mengenali bahwa mimpi buruk itu tidak nyata.

  1. Meredakan Anxiety (Gangguan Kecemasan)

Dengan mengurangi mimpi buruk, lucid dream dapat meredakan gangguan kecemasan terkait mimpi buruk. Itu juga digunakan untuk meredakan kecemasan akibat Post Traumatic Syndrom (PTSD).

Namun menurut bukti lain, lucid dream juga dapat meredakan kecemasan yang disebabkan oleh alasan lain.

Orang-orang mengklaim bahwa mengendalikan mimpi mereka memungkinkan mereka menghadapi situasi yang membuat mereka cemas.

  1. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Penelitian menunjukkan bahwa memungkinkan seseorang untuk meningkatkan keterampilan motorik sederhana seperti mengetuk jari lebih cepat dengan “berlatih” selama lucid dream.

Bagian yang sama dari otak akan menjadi aktif jika kamu membayangkan gerakan-gerakan itu saat bangun maupun selama mimpi sadar.

  1. Dapat Memecahkan Masalah dengan Lebih Baik

Peneliti menemukan beberapa bukti bahwa lucid dream dapat membantu seseorang memecahkan masalah yang berhubungan dengan kreativitas (seperti konflik dengan orang lain).

  1. Meningkatkan Kreativitas

Sebuah studi tentang lucid dream menemukan bahwa seseorang yang sedang lucid dream dapat menemukan ide atau wawasan baru, terkadang dengan bantuan karakter dalam mimpi mereka.

mahjong ways 2