Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bikin Tubuh Lebih Sehat

Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bikin Tubuh Lebih Sehat

Manfaat Biji Bunga Matahari – Biji bunga matahari atau yang sering disebut kwaci terkenal sebagai salah satu camilan favorit yang lezat. Namun, ada banyak manfaat biji bunga matahari masih jarang diketahui oleh orang-orang.

Padahal biji bunga matahari yang biasa dijadikan camilan ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit loh!

Penasaran? Inilah manfaat biji bunga matahari untuk kesahatan dan kecantikan.

Manfaat Biji Bunga Matahari

  1. Sebagai Anti-inflamasi

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E ini mampu menetralkan radikal bebas yang merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol.

Dengan terlindungnya komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis.

Selain itu, banyak manfaat biji bunga matahari karena kandungan antioksidan tinggi ini seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan membantu mengurangi keparahan.

Bisa juga mengurangi fekuensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause, serta membantu mengurangi komplikasi diabetes.

  1. Menurunkan Kolesterol

Sebuah studi dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Seperti biji wijen (400-413 mg per 100 g), kacang kenari (113 mg per 100 g), biji bunga matahari (270-289 mg per 100 g) dan biji labu (265 mg per 100 g)

Fungsi dari pitosterol sendiri adalah menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan asam lemak linoleat tak jenuh pada biji bunga matahari juga mampu meningkatkan kadal HDL atau “lemak baik”.

  1. Mengurangi Stres dan Depresi

Manfaat biji bunga matahari lainnya adalah mampu membantu mengurangi depresi dan stress.

Hal ini disebabkan oleh kadungan Niacin dan Pyridoxine dalam biji bunga matahari yang dapat meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.

Jadi, manfaat biji bunga matahari juga bisa sebagai obat anti-stress juga loh!

mahjong ways 2