Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuhmu

Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuhmu
Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuhmu

Populer pada akhir 1970-an tidak membuat senam aerobik menjadi terlupakan dan ditinggalkan oleh publik. Pasalnya, setiap Sabtu atau Minggu pagi di taman-taman kota, kamu tentunya sering melihat kelompok-kelompok orang yang sedang senam aerobik. Ternyata, tidak hanya di taman kota saja lho, Kamu, banyak juga yang melakukan senam aerobik di pusat kebugaran atau gym. Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik. Nah, jadi sekarang Kamu udah tahu dong ya kenapa setiap kali senam aerobik selalu ada musiknya.

Gerakan-gerakan dalam senam aerobik terlihat santai dan cenderung tidak membutuhkan tenaga lebih untuk dilakukan. Faktanya, ketika kamu melakukan gerakan dalam senam aerobik, kamu menggerakan seluruh bagian tubuh mu, dimana otot-otot besar pada tangan, kaki, dan pinggul digunakan. Selain itu, dengan senam yang satu ini, kamu juga bisa meningkatkan laju pernapasan dan denyut jantung lho Kamu. Dengan perubahan metabolisme ini, aerobik memberikan dampak positif untuk tubuh kamu. Mau tau apa aja manfaat senam aerboik lainnya?

Kamu, tahukah kamu jika aerobik cocok banget untuk mencegah terserang penyakit jantung? Pasalnya senam yang satu ini dapat menstabilkan irama jantung dan meningkatkan kadar kolestrol baik sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung sehingga kamu dapat memiliki jantung yang sehat.

Mencegah Penyakit

Dengan berolahraga secara teratur, kamu bisa lho mencegah terjangkit penyakit. Sama halnya dengan senam aerobik, senam yang satu ini ternyata ampuh banget untuk mencegah kanker, kolestrol, serangan jantung, dan stroke. Mulai hari ini senam aerobik secara teratur yuk, Kamu, karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat nggak harus susah kok.

Memperpanjang Umur

Senam aerobik dapat memperkuat tulang. Nggak hanya itu aja, Kamu. Olahraga santai ini juga bisa menjaga fungsi otak dan mencegah pikun lho. Nggak mau kan pikun di usia dini? Nah, Kamu, berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 1986 di Universitas Harvard yang ditulis dalam New England Journal of Medicine, ternyata ada lho hubungan secara ilmiah antara umur panjang dengan olahraga. Mau punya umur panjang? Mending rajin-rajin olahraga, Kamu. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat ya.

Menurunkan Berat Badan

Nah, yang satu ini pasti jadi inceran semua orang yang mau punya bentuk tubuh yang ideal. Senam aerobik dikatakan sebagai olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan lho, Kamu. Karena saat kamu melakukan gerakan senam dengan gesit, kamu sudah membakar kalori dengan optimal. Masih mau males-malesan saat senam? Mening mikir berkali-kali deh, Kamu.

Meningkatkan Kadar Bahagia

Kamu, senam bisa melepaskan hormon endorphine lho. Apa sih fungsi hormon yang satu ini? Hmmm… Hormon endorphine adalah hormon yang dapat membuat kamu lebih bahagia dan juga dapat membantu mengurangi stress. Dengan melakukan olahraga, kamu juga bisa tidur dengan lelap di malam hari lho, Kamu. Tidur yang lelap ternyata dapat mempengaruhi mood di keesokan harinya.

mahjong ways 2