Pak Ganjar Banggakan Toleransi Beragama Di Merauke

Pak Ganjar Banggakan Toleransi Beragama Di Merauke

Calon presiden (capres) nokor urut tiga Ganjar Pranowo menggelar pertemuan bersama para tokoh agama dan masyarakat di Merauke, Papua Selatan, Selasa 28 November 2023 malam. Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo mengaku bangga bersama sikap toleransi beragama di sana dan berkomitmen bakal menyimak kesejahteraan guru agama.

“Mereka berkata soal toleransi. Ada banyak sekali pasti yang mereka sampaikan kepada kami, ada cerita berkenaan bagaimana perhatian kepada guru agama,” tutur Ganjar, Rabu (29/11/2023).

Dia menyebut, sikap toleransi merupakan anggota dari pemberian antar-pemeluk agama didalam menjaga persatuan Indonesia. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun berharap, pertemuan selanjutnya dapat memperkuat semangat kebangsaan dan memupuk rasa persatuan di tengah keberagaman, yang menjadi kemampuan Indonesia.

Selain itu, Ganjar menunjukkan berkomitmen membantu kesejahteraan bagi guru agama di semua Indonesia. Dia mengupas anggaran yang dihibahkannya untuk guru agama selama menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode, yang jumlahnya meraih ratusan miliar.

Tidak ketinggalan insentif guru keagamaan dialokasikan untuk 230.830 orang https://www.lacarretacantinagrill.com/ terhadap th. 2023. Hal itu menjadi wujud apresiasi terhadap guru agama yang telah mengajarkan kedamaian, kebaikan, toleransi, dan juga mendidik budi pekerti anak-anak.

“Saya senang mendengarkan langsung, betapa toleransinya warga yang ada di sini. Ini perlu menjadi misal ya. Dan pasti saja, karena itu muncul dari masyarakat, hati itu merasa plong. Spirit anak-anak bangsa untuk menciptakan kerukunan bersama,” kata Ganjar.

Dapat Pesan dari Tokoh Agama

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menemui segera Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC di Merauke, Papua Selatan. Dalam kesempatan itu, dia meraih pesan untuk senantiasa berbuat baik selama berpolitik.

“Yang luar biasa pesan dia itu didalam konteks ke politik itu ke masyarakat amat cerdas, kita tinggal menunjukan kebaikan kepada mereka karena mereka miliki determinasi untuk memilih,” tutur Ganjar di Desa Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).

Ganjar terima dua buku dari Petrus Canisius, salah satunya berjudul ‘Belajar Mencintai Papua’. Dia pun mengupas kesamaan asumsi antara dirinya bersama Uskup Agung Merauke, bahwa cuma ruang dialog yang dapat membawa Tanah Papua terbebas dari konflik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Saya baru kali ini menemukan uskup yang layaknya ini, luar biasa, kalimatnya pendek, terbuka dan amat memberikan inspirasi bagaimana kita berpikir, bagaimana kita bersikap, bagaimana kita bertindak. Menurut saya, jika boleh saya terjemahkan, tadi itu. Dan itu bikin kita miliki koreksi diri, kalau ada sesuatu jika kita ada mitigasi, oh tidak baik untuk masyarakat, maka jangan lakukan,” tahu Ganjar.

Pesan lainnya yang diterima Ganjar yaitu langkah menjaga tensi politik di tengah era kampanye Pilpres 2024.

“Konsepnya beliau cuma satu gembira, dan rancangan gembira itu perlu ditunjukkan bersama kita toleransi, sehingga tiap-tiap berperan sesuai fungsinya. Kalau itu dijalankan, bereslah Insyaallah,” Ganjar menandaskan.

Ganjar-Mahfud Pilih Kampanye Perdana di Sabang dan Merauke
Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomer urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md menentukan mengawali kampanye hari pertama di Sabang, Provinsi Aceh dan Merauke, Provinsi Papua, Selasa (28/11/2023).

Meskipun berada di area terpisah, Ganjar menentukan di Merauke sedangkan Mahfud di Sabang, ternyata pasangan capres-cawapres itu mengawali kampanye Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 penuh sarat makna.

Ganjar menjelaskan, penentuan area kampanye Pilpres 2024 selanjutnya yang ada di Barat dan Timur Indonesia yaitu Sabang dan Merauke, dipilih karena terinspirasi lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’.

“Kampanye Ganjar dipusatkan di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua. Ada pun kampanye Mahfud dilangsungkan di Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh,” ujar Ganjar lewat info tertulis, Selasa (28/11/2023).

Dia menjelaskan, dirinya bersama Mahfud Md mengirim pesan kuat bahwa meskipun terpisah, keduanya menghubungkan Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur.

Alasan kedua menurut Ganjar untuk mengirimkan pesan sebagaimana tersirat didalam Sila ke-3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

“Hal ini menunjukkan prinsip pasangan capres-cawapres ini untuk memajukan semua rakyat Indonesia lewat pemerataan pembangunan di desa dan di kota, maupun dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia,” terang dia.

Sebagaimana diketahui, pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Alasan Ketiga

Kemudian Ganjar menjelaskan, penentuan area kampanye dari sebuah desa di Merauke, Papua yang menjadi area paling awal menyambut matahari, area di mana rakyatnya paling awal mengawali kerja dan usaha.

“Tempat ini dipilih sebagai lambang harapan dan titik awal menuju Indonesia yang lebih baik,” kata Ganjar.

Sedangkan Mahfud mengawali kampanye dari Sabang, di Aceh, yang merupakan area paling Barat di Indonesia, dan menjadi pintu masuk ke Nusantara di era lalu. Serta ini termasuk menjadi titik awal berdirinya kerajaan Islam pertama di Nusantara.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomer urut tiga, Ganjar Pranowo tiba di Bandara Internasional Mopah, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023) pagi ini. Didampingi jajaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, kedatangannya disambut bersama tarian rutinitas Tanah Papua.

Ganjar bersama rombongan hingga di bandara sekitar 08.20 WIT. Adapun yang mendampingi antara lain Wakil Ketua TPN Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Wakil Ketua Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa hingga Deputi Politik 5.0 Andi Widjajanto, dan juga Direktur Hukum TPN, Ronny Talapessy.

mahjong ways 2