Penyebab Infeksi Liver yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Infeksi Liver yang Perlu Diwaspadai
Penyebab Infeksi Liver yang Perlu Diwaspadai

Liver adalah organ yang berfungsi untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun. Liver bisa mengalami gangguan, salah satunya infeksi yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti virus, penggunaan alkohol, dan obesitas.

Nah, biasanya, infeksi liver bisa mengakibatkan penyakit mulai dari hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Parasit dan virus dapat menginfeksi liver dan menyebabkan peradangan hingga kehilangan fungsinya. Informasi selengkapnya mengenai penyebab infeksi liver bisa dibaca di sini!

Waspadai Penyebab Infeksi Liver
Infeksi liver dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, salah satunya adalah infeksi virus. Virus penyebab kerusakan liver dapat menyebar melalui darah atau air mani, makanan atau air yang terkontaminasi, atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Selain virus, berikut ini adalah penyebab infeksi liver lainnya, yaitu:

  1. Paparan toksin
    Paparan racun yang berlebihan bisa membahayakan liver. Ini termasuk juga bahan kimia yang kamu gunakan di rumah, seperti sabun saat mencuci buah dan sayuran ataupun pestisida.
  2. Konsumsi suplemen tertentu
    Konsumsi suplemen tertentu dapat menyebabkan infeksi liver. Perlu diketahui, banyak herbal dan suplemen telah dikaitkan dengan kerusakan hati. Itulah sebabnya, jika kamu hendak mengonsumsi suplemen tertentu, kamu perlu menanyakan aman tidaknya pada dokter.
  3. Konsumsi alkohol yang berlebihan
    Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan infeksi liver, peradangan liver, perlemakan hati alkoholik, sampai ke jaringan parut. Umumnya, saat kamu menunjukkan gejala gangguan liver tidak jelas terdeteksi, dan ketika terdeteksi, besar kemungkinan kondisinya sudah cukup parah.
  4. Obesitas, diabetes, atau kolesterol tinggi
    Ketiga kondisi ini dapat berdampak pada infeksi liver non-alkohol. Pola hidup tidak sehat yang merujuk pada penyakit tertentu juga dapat berdampak pada kesehatan liver.

Diabetes dapat menyebabkan penumpukan lemak di liver yang berujung pada terjadinya infeksi pada liver. Diabetes juga bisa memicu kerusakan metabolisme dalam tubuh, yang melepas asam lemak ke aliran darah yang akhirnya terakumulasi di liver.

  1. Riwayat penyakit liver
    Jika kerabat dekat pernah memiliki penyakit liver genetik seperti hemokromatosis, penyakit Wilson, atau defisiensi alfa-1-antitripsin, maka kamu perlu mewaspadai kemungkinan akan mengalami kondisi yang sama. Sebagai langkah pencegahannya, melakukan tes enzim liver setiap tahun dapat membantu mengontrol kondisi kesehatan liver.
mahjong ways 2