Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Tubuh

Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Tubuh
Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Tubuh

Posisi Tidur – Selama ini mungkin Kamu sering mengabaikan posisi tubuh saat tidur. Namun, tahukah Kamu bahwa posisi saat kita tidur juga berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita?

Posisi tidur yang tidak tepat bisa membuat tubuh kita menjadi sehat jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, dalam jangka waktu singkat, salah posisi saat terlelap juga bisa memberi dampak langsung. Seperti nyeri otot, pegal dan sebagainya.

Untuk itu, tidur harus dilakukan dengan posisi yang tepat:

Posisi Tidur yang Tepat

Posisi Telentang dengan Tangan di Samping Tubuh (Soldier)

Tidur telentang dengan kedua tangan di samping tubuh dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk kesehatan tulang belakang dan leher, selama kamu tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

Namun, tidur telentang juga dapat memberi dampak dampak yakni dapat menyebabkan kamu mendengkur, tidur tidak nyenyak, sulit bernapas, bahkan menimbulkan salah satu gangguan tidur seperti sleep apnea.

Kamu yang tidur dengan posisi ini biasanya merupakan pribadi yang tenang dan pendiam, serta memiliki standar tinggi dalam setiap hal yang ingin dicapai.

Posisi Telentang dengan Tangan di Atas Kepala (Starfish)

Posisi ini juga baik untuk kesehatan tulang belakang kamu. Selain itu, tidur telentang dengan kedua tangan di atas kepala juga dapat mencegah kerutan wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Namun sama halnya dengan posisi tidur dengan kedua tangan di samping, posisi tidur ini juga dapat menyebabkan kamu jadi mendengkur, menaikkan asam lambung, serta memberikan tekanan pada saraf bahu Kamu sehingga menyebabkan rasa sakit.

Orang yang tidur dengan posisi starfish merupakan seorang pendengar yang baik, sangat bersahabat, dan memiliki semangat tinggi, namun tidak terlalu suka menjadi pusat perhatian.

Posisi Telungkup/Tengkurap (Freefall)

Tidur dengan posisi telungkup dapat meningkatkan daya kerja alat pencernaan, jika kamu tidak tidur dengan posisi muka menghadap ke bantal. Jika tidur telungkup, sebaiknya miringkan wajah agar dapat bernapas dengan lebih mudah.

Namun, tidur dengan posisi ini dapat meningkatkan ketegangan di leher dan menyebabkan nyeri punggung.

Kamu yang tidur dengan posisi tengkurap cenderung suka bersosialisasi dan memiliki banyak teman, namun sering ceroboh dan mudah tersinggung serta tidak suka mendapat kritikan.

Posisi Janin (Fetus)

Posisi tidur meringkuk seperti janin baik bagi Kamu yang sering mendengkur dan bagi yang sedang hamil. Namun meskipun nyaman, tidur dengan lutut ditarik ke atas dan dagu miring ke bawah ini juga dapat menyebabkan nyeri pada punggung dan leher.

Jika Kamu terbiasa tidur dengan posisi ini, sebaiknya tidur meringkuk menghadap ke sebelah kanan. Karena tidur meringkuk menghadap sebelah kiri dapat menyebabkan stress pada organ vital tubuh kamu seperti paru-paru, hati, dan lambung.

Kamu yang tidur dengan posisi meringkuk ini merupakan pribadi yang sensitif dan pemalu. Namun jika sudah merasa dekat dengan orang lain, Kamu dapat menjadi orang yang dapat menjadi teman bicara yang baik dan dapat mencairkan suasana.

mahjong ways 2