Tanda Haid Akan Segera Tiba, Wanita Wajib Tahu

Tanda Haid Akan Segera Tiba, Wanita Wajib Tahu
Tanda Haid Akan Segera Tiba, Wanita Wajib Tahu

Umumnya, siklus haid normal berlangsung selama 28 hingga 35 hari, namun banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi masa haid tergantung kondisi hormonal setiap wanita. Mulainya siklus haid biasanya ditandai dengan munculnya beberapa gejala.

Premenstrual Syndrome atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PMS adalah gejala yang paling umum terjadi. Gejala PMS pun beragam pada setiap wanita, ada yang merasakan gejala ringan seperti timbulnya jerawat hingga gejala yang cukup berat seperti kram perut hebat ataupun sakit kepala.

Tanda-tanda ini tidak hanya dimulai dari 1-2 hari sebelum haid. Faktanya, banyak wanita yang kerap kali merasakan tanda haid bahkan sejak 5-7 hari sebelumnya. Karena itu, penting sekali untuk kaum wanita untuk mengetahui tanda-tanda haid akan segera tiba.

Tidak hanya tanda tanda haid yang dapat berbeda antar wanita, gejala pramenstruasi ini juga dapat berubah bagi seseorang itu sendiri dari bulan ke bulan. Berikut ini adalah 8 tanda – tanda haid yang seringkali terjadi pada banyak wanita:

  1. Perut Kram

Perut kram merupakan salah satu tanda haid yang paling sering terjadi pada setiap wanita. Umumnya, kram perut terjadi pada 1–4 hari sebelum haid.

Ketika haid, dinding rahim akan meluruh dan berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur. Otot Rahim yang berkontraksi ini lah yang menyebabkan perut kram kerap kali timbul pada masing masing wanita.

  1. Timbul Jerawat

Kamu tidak perlu panik jika jerawat timbul pada masa menjelang haid. Timbulnya jerawat haid ini disebabkan oleh produksi sebum berlebih karena adanya peningkatan produksi hormon progesteron. Hal ini mengakibatkan adanya penyumbatan pori sehingga jerawat muncul.

Meski sama-sama dipengaruhi oleh faktor hormonal, terdapat sedikit perbedaan pada jerawat haid dan jerawat hamil. Jerawat hamil biasanya menetap di kulit untuk waktu yang lebih lama, bertekstur lebih keras, dan cenderung lebih sulit diobati karena perubahan hormon terjadi secara terus menerus untuk waktu yang lebih lama.

  1. Payudara Nyeri

Rasa nyeri pada payudara ketika haid biasanya menimbulkan rasa yang tidak nyaman, bahkan menimbulkan rasa sakit yang hebat pada beberapa wanita. Umumnya nyeri payudara ketika haid terjadi pada bagian luar seperti pada bagian puting.

Kondisi payudara yang nyeri dan kencang ini disebabkan oleh perubahan hormon progesteron dan akan mereda seiring dengan selesainya masa menstruasi.

mahjong ways 2