Tempat Wisata di Mekkah yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Mekkah yang Wajib Anda Kunjungi
Tempat Wisata di Mekkah yang Wajib Anda Kunjungi

Sudah tak heran bila kini banyak jamaah umroh yang menyempatkan diri juga untuk berlibur di Mekkah, Arab Saudi. Biasanya mereka datang tidak hanya untuk menikmati pemandangan kota saja, namun juga berziarah ke tempat bersejarah.

Di kota suci umat Islam ini, terdapat cukup banyak objek wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata untuk memperpanjang kunjungan di salah satu negara Timur Tengah ini.

Nah, untuk itu ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Mekkah yang terpopuler yang wajib kamu kunjungi nih setelah menyelesaikan ibadah umroh. Simak selengkapnya di bawah ini!

Destinasi Tempat Wisata di Mekkah

Gunung Abu Qubays

Jabal Abu Qubays atau yang dikenal dengan gunung Abu Qubays ini merupakan salah satu destinasi wisata di Mekkah yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, Abu Qubays memiliki nilai sejarah yang nggak kalah dengan tempat wisata di Mekkah lainnya Toppers.

Gunung yang berlokasi di sebelah timur Masjidil Haram ini dipercaya oleh umat Muslim sebagai gunung pertama di muka bumi yang diciptakan oleh Allah. Gunung ini pun menjadi lokasi di mana nabi Muhammad berdiri untuk membelah bulan sebagai salah satu mukjizat.

Kawah Al Wahbah

Selanjutnya, adalah Kawah Al Wahbah. Objek wisata di Mekkah yang satu ini terletak di gurun, yang berukuran hampir 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki. Kawah ini merupakan sisa aktivitas vulkanik dan di sekitarnya terdapat dataran berpasir yang kini ditumbuhi pohon palem.

Adanya pohon palem ini memberikan keteduhan bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Mitos atau cerita rakyat yang berkembang menyebutkan kawah Al Wahbah terbentuk ketika dua gunung saling mencintai.

Namun, salah satu gunung lenyap. Sehingga meninggalkan depresi dan terbentuklah rongga berupa kawah Al-Wahbah.

Menara Abraj Al-Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan tempat wisata di Mekkah yang terdapat di Komplek Abraj Al Bait. Menara ini berlokasi dekat dengan Masjidil Haram yang memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai. Dengan tinggi yang menjulang, Toppers akan disuguhkan keindahan kota Mekkah yang luar biasa.

Menara Abraj Al Bait juga dikenal sebagai menara jam yang memungkinkan kamu untuk belajar mengenai metode menentukan waktu, dan alam semesta seperti galaksi, matahari, bulan dan bumi.

Museum Abdul Raouf Khalil

Next, destinasi wisata di Mekkah adalah Museum Abdul Raouf Khalil. Museum ini merupakan salah satu museum tertua yang sangat terkenal di sudut Kota Mekkah. Situs sejarah ini memiliki penampakkan bangunan yang sama seperti bangunan sipil daerah tersebut.

Museum ini berisi sejarah perkembangan Kota Jeddah yang berusia 2.500 tahun dan sejarah pra-Islam hingga peradaban modern. Museum ini pun berada dalam satu komplek bersamaan dengan masjid dan kastil tua.

Museum Abdul Raouf Khalil buka setiap hari pukul 8 hingga 12 siang dan pukul 5 sore hingga 9 malam.

mahjong ways 2