Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Tidur

Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Tidur
Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Tidur

Terkadang, profesi atau pekerjaan seseorang menuntutnya untuk bekerja di malam hari. Seperti dokter, petugas rumah sakit, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan, tubuh kita dirancang untuk beristirahat pada malam hari. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, kita haru menyiasati pola tidur dan kegiatan lainnya agar tubuh tetap sehat. Jadi, buat kamu yang kerja shift malam, yuk, simak tips menjaga kesehatan dan pola tidur di bawah ini!

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Buat kamu yang kerja shift malam, tubuh memerlukan energi tambahan untuk tetap terjaga di malam hari. Namun, hindari makanan cepat saji.

Oleh karena itu, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti pasta gandum, nasi merah, dan kentang.

Sebaiknya kamu juga mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi, seperti sup ayam, krim sup, dan makanan berkuah lainnya.

Makanan lainnya yang harus kamu konsumsi adalah makanan dengan lemak dan protein yang sehat, seperti buah alpukat, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan telur.

  1. Batasi Konsumsi Kopi

Sebagian besar orang mengkonsumsi kafein atau kopi untuk tetap terjaga saat malam hari. Namun, sebaiknya kamu membatasi konsumsi kopi terutama setelah jam 2 pagi. Kamu bisa menggantinya dengan minum air putih atau jus.

Jus mengandung gula yang dapat membantu meratakan metabolisme tubuh dan air untuk menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Hindari Minum Alkohol

Alkohol memang dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat, tetapi alkohol sangat mempengaruhi keadaan kamu setelah bangun tidur.

Jadi, sebaiknya kamu hindari untuk minum alkohol untuk membantu tidur agar tubuh tetap fit setelah bangun tidur dan siap untuk bekerja.

mahjong ways 2