Tujuan Wisata Candi Terbaik di Yogyakarta

Tujuan Wisata Candi Terbaik di Yogyakarta
Tujuan Wisata Candi Terbaik di Yogyakarta

Di kota Jogjakarta, kita tidak hanya bisa berwisata kuliner, Kamu. Tapi, kita juga bisa berwisata sembari mempelajari sejarah.

Salah satunya, adalah dengan mengunjungi candi-candi di Jogjakarta yang kaya akan nilai budaya dan sejarah.

Kota Jogja memiliki banyak candi yang indah dan mengagumkan! Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui 14 wisata candi di Jogjakarta yang wajib kamu datangi!

Candi Plaosan

Candi di kota Jogjakarta yang menjadi bahasan pertama kita adalah Candi Plaosan. Di belakang salah satu Candi di Jogja ini terdapat sebuah altar yang dikelilingi oleh patung Buddha yang pada jamannya digunakan untuk ritual keagamaan umat Buddha. JIka kamu ingin mencari lokasi foto yang bersejarah, Candi Plaosan terlihat sangat anggun ketika disinari oleh sinar terbitnya matahari.

Alamat : Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten, Jawa Tengah
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang
Jam Operasional : 08.00-17.00 WIB

Candi Kalasan atau Candi Tara

Satu lagi wisata Candi di Jogja yang memiliki bentuk memukau yaitu Candi Kalasan. Candi yang disebut juga sebagai Candi Tara atau Candi Kalibenin ini merupakan salah satu candi Buddha lainnya yang ada di Yogyakarta. Bagian kaki candi berdiri di sebuah alas batu yang berbentuk bujur sangkar dan pada bagian ini terdapat tangga masuk berhiaskan makara di bagian ujung tangga.

Alamat : Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.5.000 / orang
Jam Operasional : 08.00-17.00 WIB

Candi Prambanan

Tentunya wisata candi di Jogjakarta ini sudah tidak asing lagi di kupingmu. Tempat wisata Jogja ini telah dinobatkan sebagai candi Hindu tercantik di dunia, Kamu! Candi Prambanan atau yang disebut juga sebagai Candi Loro Jonggrang ini memiliki bentuk yang menjulang ke atas dan menggambarkan kepercayaan agama Hindu. Ketiga candi ini pun dikelilingi oleh 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut sehingga saat berada di kompleks ini, wisatawan akan merasa seperti berada dalam sebuah kerajaan.

Alamat : Bokoharjo, Prambanan, Sleman Regency, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp. 15.000 – Rp.30.000 / orang
Jam Operasional : 06.00 – 17.00 WIB

Candi Ratu Boko

Berdekatan dengan lokasi Candi Prambanan, Candi Ratu Boko terlihat berbeda dengan candi-candi di Jogja lainnya. Wisata Candi di kota Jogjakarta ini sempat menarik perhatian banyak wisatawan karena sempat digunakan sebagai lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Sejak film tersebut, pemandangan sunset di candi cantik di Jogjakarta ini telah menjadi subjek foto dari ribuan wisatawan.

Alamat : Bokoharjo, Prambanan, Sleman Regency, Yogyakarta
Harga Tiket : Rp.12.000 – Rp.25.000 / orang
Jam Operasional : 06.00 – 17.00 WIB

mahjong ways 2