Waktu Terbaik Bercinta agar Cepat Hamil

Waktu Terbaik Bercinta agar Cepat Hamil
Waktu Terbaik Bercinta agar Cepat Hamil

Mengetahui waktu terbaik bercinta sangat penting terutama bagi pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki momongan. Bercinta di waktu yang tepat dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Selain itu, berhubungan intim di saat-saat tertentu juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati (mood) sekaligus menurunkan tingkat stres.

Meski demikian, cepat atau lambatnya seorang wanita bisa hamil dipengaruhi banyak faktor.

Selain melakukannya di waktu-waktu terbaik, juga ditentukan oleh faktor usia, kondisi kesehatan, kesuburan dua belah pihak, frekuensi berhubungan intim, hingga masa subur.

Waktu Terbaik Bercinta

Setidaknya terdapat waktu terbaik bercinta yang direkomendasikan untuk bisa meningkatkan peluang cepat hamil. Simak penjelasannya.

Pagi hari sebelum beraktivitas

Sebelum sarapan atau beraktivitas lain di pagi hari, tidak ada salahnya Anda bersama pasangan menyempatkan diri untuk sesi ranjang terlebih dahulu.

Menurut hasil studi, jumlah sperma di pagi hari dinilai lebih banyak daripada waktu lainnya sehingga memungkinkan untuk proses pembuahan yang lebih efektif.

Dalam jurnal Chronobiology International disebutkan, air mani yang keluar sebelum pukul 7.30 pagi merupakan kualitas sperma terbaik.

Sementara menurut Pakar Seks Jessica O’Reilly melalui laman Prevention, seks pagi bisa membuat suasana hati jadi bahagia dan bersemangat.

Berhubungan seks saat masa ovulasi

Waktu terbaik bercinta agar cepat hamil sebaiknya dilakukan saat ovulasi atau masa subur. Perubahan hormon estrogen dan testosteron selama ovulasi dapat meningkatkan libido.

Saat masa ovulasi berlangsung, sel telur yang sudah matang keluar menuju tuba falopi dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

Setidaknya Anda dan pasangan dapat berhubungan seks selama 2-3 kali per minggu sepanjang masa ovulasi.

Cara mengetahui masa subur pada wanita cukup mudah. Bisa melalui kalender menstruasi online atau konsultasi langsung ke dokter untuk mengetahui periode ovulasi yang tepat.

Bercinta pukul 3 sore

Dilansir dari laman Men’s Health, waktu terbaik untuk bercinta menurut penelitian sains adalah pukul 3 sore. Waktu ini dinilai ideal bagi kedua belah pihak.

Sebab wanita mengalami lonjakan estrogen, sedangkan hormon testosteron pria juga meningkat. Waktu bercinta di pukul 3 sore ini bisa dilakukan pada saat masa ovulasi supaya peluang terjadinya kehamilan lebih besar.

Namun pastikan pula, kondisi Anda dan pasangan ketika berhubungan seks dalam keadaan sehat dan prima.

Berhubungan intim tiga hari sekali

Rutin berhubungan seks dapat meningkatkan peluang kehamilan. Rutin ini bukan dimaknai berhubungan seks setiap hari, melainkan seks yang terjadwal, misalnya dua sampai tiga kali seminggu.

Justru, terlalu sering bercinta dapat menurunkan kualitas sperma sehingga menyebabkan sperma sulit untuk membuahi sel telur.

Berdasarkan riset dari Fertility and Sterility, sperma berkualitas dapat terkumpul selama 2-3 hari. Apabila di rentang waktu itu terjadi pembuahan maka kemungkinan bisa hamil.

Meski frekuensi bercinta harus ditingkatkan supaya cepat hamil, jangan sampai hal ini memicu stres atau menjadi beban yang justru membuat jadi susah hamil.

Frekuensi seks dengan waktu terbaik disarankan ketika Anda dan pasangan sedang sama-sama menginginkannya dan bukan karena terpaksa.